Selasa, 19 Mei 2015

Digging the First Hole & The Necessary Tools and Materials


Hari kedua tanggal 27 Maret 2015, nah.. pada hari ini saya dan kelompok saya telah besiap-siap untuk membuat lubang tersebut. Tentunya sebelum membuat lubang tersebut kita harus megetahui bagaimana teknik dalam pembutan biopori, apa saja alat maupun bahan yang diperlukan dalam pembuatan lubang tersebut.

Alat 
  1. Bor tanah, berfungsi untuk melubangi tanah, mengangkat tanah hasil galian. Bor ini terbuat dari besi dengan desain khusus, mata bor terbuat dari lempengan besi tipis berbentuk oval meruncing pada bagian ujungnya. Panjang bor sekitar 120 cm. Sementara di bagian pangkal bor dibuat dua pegangan kanan dan kiri sehingga memudahkan dalam penggunaannya. 
  2. Ember atau gayung, berfungsi untuk untuk menampung dan menuangkan air dalam lubang sehingga memudahkan dalam pembuatan lubang.
  3. Pengki, berfungsi untuk menampung tanah hasil galian biopori sehingga tidak mengotori daerah sekitar.
  4. Pipa PVC berfungsi untuk membuat penguat mulut lubang agar tampak rapi dan tanah tidak mudah masuk (diameter 4 inci).
  5. Bisa juga menggunakan alat lainnya seperti cangkul, palu, bamboo, dan lainnya yang dapat membantu dalam proses pembuatan lubang biopori tersebut.
Bahan
  1. Air, digunakan untuk melunakkan tanah tempat dibuatnya biopori.
  2. Sampah organik, digunakan sebagai bahan pengisinya. Berfungsi sebagai pakan bagi organisme tanah sehingga dapat bekerja membuat biopori, serta menjaga dinding saluran tidak longsor.

Setelah mengetahui alat dan bahan apa saja yang perlu dipersipakan sebelum pembuatan lubang, tibalah saatnya untuk melakukan tugas tersebut yaitu menggali lubang dengan penuh semangat walaupun pada hari itu matahari terasa sangat terik.


                       Penggalian lubang ke-1              Bor biopori                        


by: Christopher Tan / 1801424871

Tidak ada komentar:

Posting Komentar