Rabu, 20 Mei 2015

Digging the Second Hole & Stages in the Manufacture Biopori


Hari ketiga 30 Maret 2015, saatnya melanjutkan tugas kembali. Penggalian lubang biopori yang kedua oleh saya, pada hari yang lalu saya dan kelompok saya telah membuat lubang kurang lebih sebanyak enam lubang atau tujuh lubang kalau tidak salah ingat. Sehingga pada hari ini hanya tinggal sisa dari total semua penggalian tersebut yaitu 7 lubang lagi, total lubang biopori yang ditentukan adalah sebanyak 14 lubang sehingga masing-masing dari tiap anggota mendapatkan jatah lubang sebanyak 2 buah karena jumlah orang dalam kelompok tersebut sebanyak 7 orang.

Pada post saya yang lalu telah menjelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan lubang biopori tersebut, akan tetapi tidak menjelaskan bagaimana tahap-tahap dalam pembuatan lubang biopori tersebut. Sehingga adapun tahap-tahap sederhana dalam pembuatan lubang biopori adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan peralatan untuk membuat lubang, seperti bor, golok, semen kawat jaring, sampah organik, wadah untuk tanah, serta gayung dan seember air.
  2. Tentukan lokasi pembuatan lubang resapan biopori, misalnya di sekeliling pohon.
  3. Siram dengan segayung air bagian tanah yang akan dibor. Penyiraman tanah dilakukan supaya tanah menjadi lunak dan melekat pada saat melakukan pemboran.
  4. Mulailah membuat lubang menggunakan bor. Posisikan mata bor pada permukaan tanah. Tegakkan tangkai bor secara vertikal.
  5. Putar setang bor ke arah kanan (searah jarum jam) sambil menekan bor ke dalam tanah.
  6. Setelah mata bor terlihat penuh dengan tanah, tarik keluar dengan sedikit memutar tetap searah jarum jam.
  7. Keluarkan tanah dalam mata bor dengan menggunakan sepotong kayu atau bamboo.
  8. Kumpulkan tanah galian di pengki sehingga memudahkan dalam pembuangan atau penanganan.
  9. Potongan pipa PVC dilubangin terlebih dahulu menjadi beberapa lubang kecil sebelum diletakkan diujung lubang maupun dalam lubang yang telah kita gali.
  10. Setelah lubang biopori siap, masukkan sampah organik ke dalam lubang sampai penuh.
  11. Agar biopori tidak membahayakan bagi lalu lalang, tutup lubang dengan alat penutup lain. Alat penutup harus bisa dilalui air dan cukup kuat menahan beban jika terinjak.

Itu dia beberapa tahap-tahap sederhana dalam pembuatan lubang biopori yang telah saya dan kelompok saya praktekkanataupun lakukan. Nah.. Saatnya lanjut kembali penggalian lubang kedua.. keep going and have fun.

Penggalian lubang ke-2

by: Christopher Tan / 1801424871

Tidak ada komentar:

Posting Komentar