Selasa, 19 Mei 2015

Introduction of Biopori & Spot Survey

Mungkin saat ini masih belum begitu banyak orang-orang yang mengetahui bahkan mendengar tentang biopori, padahal dengan biopori dapat memberikan banyak manfaatnya. Pengertian dari biopori adalah suatu lubang yang dibuat untuk meresapkan air sehingga lokasinya harus  berada di tempat-tempat, di mana air akan terkumpul pada saat turun hujan, Pada saat hujan turun, lokasi-lokasi terkumpulnya air perlu diperhatikan. Di tempat itulah biopori sebaiknya dibuat. Jika dibuat di taman atau di pekarangan rumah, biopori sebaiknya dibuat dalam alur karena di lokasi tersebut biasanya air terkumpul. Air akan mengalir dari lokasi yang tinggi ke lokasi yang rendah.

Pada tanggal 20 Maret 2015, merupakan hari pertama bagi kelompok kami dalam mengerjakan tugas biopori tersebut, tetapi bukan langsung menggali melainkan melakukan survei tempat atau lokasi yang tepat dan sesuai terlebih dahulu sebelum meggali lubang biopori tersebut. Dan akhirnya kelompok kami menemukan lokasi biopori yaitu di Pondok Hijau Golf, Cluster Sapphire, Tanggerang (di sekitar taman, kolam renang). Kami sudah bertanya kepada salah satu pengurus atau PIC di lokasi tersebut, beliau mengatakan biasanya sering terjadi atau terdapat genangan air apabila terjadi hujan yang berkepanjangan dan kadang kala juga menyebakan banjir sehingga beliau juga sangat setuju dan mengizinkan bagi kelompok kami untuk melakukan biopori dilokasi tersebut. Akhirnya kelompok kami pun memutuskan untuk membuat lubang biopori di lokasi tersebut.

Beliau mengatakan sebaiknya biopori dibuat di tempat yang jarang dilalui orang, hewan peliharaan, atau kendaraan. Dalam menentukan lokasi biopori, harus diperhatikan tata letaknya agar tampak rapi dan indah. Jangan sampai lubang-lubang yang ada jadi merusak estetika lahan tersebut karena letaknya tidak beraturan dan banyak lubang di mana-mana. Sebaiknya biopori disesuaikan dengan desain taman atau landskap yang ada. 




by: Christopher Tan / 1801424871

Tidak ada komentar:

Posting Komentar