Rabu, 20 Mei 2015

Last..!! Impressions, Suggestions and Feedback

Sungguh bermanfaat, menarik, dan juga menyenangkan melakukan kerja sosial ini yaitu membuat lubang biopori. Ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengerjakan atau melakukan hal ini, dan saya rasa sungguh senang ketika semua lubang tersebut sudah selesai dikerjakan karena kita tahu bahwa manfaat-manfaat yang didapatkan dari pembuatan biopori ini sangat banyak sekali untuk saat ini maupun untuk jangka yang panjang seperti yang sudah pernah dibahas apa yang akan didapatkan dari manfaat biopori. 

Rasa kerja sama bersama teman-teman kelompok dan juga beberapa warga sekitar yang ikut berpartisipasi sangat patut di apresiasi dengan rasa terima kasih yang luar biasa karena sudah turut ikut peduli dalam menjaga lingkungan kita, menajaga kebersihan, dan juga mencintai alam kita sendiri. Sehingga kedepannya akan semakin banyak warga masyarakat yang ingin ikut peduli dalam pelestarian lingkungan ini. Sesuai dengan pancasila sila ke dua yaitu “kemanusiaan yang adil dan beradab”, maka kita harus menumbuhkan sikap atau rasa peduli kita, rasa ingin saling membantu, saling bekerjasama, maupun saling berbagi kepada siapa saja yang membutuhkan baik terhadap semua makhluk hidup ataupun lingkungan sekitar kita. Sehingga pembuatan biopori ini merupakan suatu kegiatan gotong royong atau kerjasama yang membutuhkan tenaga dan semangat dari semua warga masyarakat.

Sedangkan dilihat dari pancaila sila ke tiga “persatuan Indonesia”, sehingga kita dalam pembuatan biopori ini maupun dalam semua hal kegiatan lainnya kita harus bisa saling bantu membantu, tanpa memandang status seperti kalangan atas atau kalangan bawah. Tidak memandang agama sebagai contoh dalam kelompok kami ada yang beragama islam, buddha, dan juga kristen tetapi kami saling bantu satu sama lainnya, saling bercanda tanpa mengangap adanya perbedaan. Tidak membedakan suku, latar belakang sosial dan lain sebagainya. Sehingga akan tercipta suatu keadaan yang harmonis, rukun, dan juga saling bertoleransi atara semua orang.

Nah.. setelah selesai melakukan pembuatan lubang biopori dan juga merupakan akhir dari semua pekerjaan kami, tidak lupa juga kami melakukan sesi foto bersama sebagai kenangan dan tanda terimakasih kepada pihak yang ikut bekerjasama dan membantu dalam pembuatan lubang tersebut. Foto bersama dengan teman sekelompok dan juga bersama warga sekitar yang turut membantu. Dan semoga hal yang bermanfaat ini tidak akan berhenti sampai disini saja dan akan tetap berlanjut sampai kapan pun dan dimana pun. Sampai jumpa.. tetap semangat dan have fun.. 


          Bersama warga                        Bersama teman kelompok


by: Christopher Tan / 1801424871

Tidak ada komentar:

Posting Komentar